Menu Drop Down

Mengenal Lebih Dekat Jurusan Multimedia


Sebelumnya saya membahas tentang pengertian multimedia dan juga pemanfaatan multimedia, sekarang saya akan membahas beberapa hal yang saya rasakan setelah masuk ke sebuah SMK MULTIMEDIA, disini saya hanya berbagi pengalaman saja tentang apa yang saya alami di sebuah sekolah SMK.
Pada awal saya masuk ke sebuah SMK Multimedia saya benar-benar tidak tau apa itu jurusan multimedia yang hanya tau saya akan  mendapatkan laptop dari orang tua kalo saya masuk SMK Multimedia. Karena Jurusan Multimedia membutuhkan Laptop sebagai alat memproduksi sesuatu.Waktu itu yang saya tau tentang Multimedia adalah ada pelajaran Web Design karena waktu kelas 3 SMP saya sangat gemar mengotak-ngatik HTML di blog mobile karena saya sering online lewat Handphone. Setelah masuk SMK Multimedia ternyata benar ada pelajaran mengenai Web Design saya tentu saja senang bisa mempelajari ilmu Web ini karena sebelum melanjutkan ke sekolah SMK saya sangat terobsesi dengan kekayaan Mark Zuckerberg iya pembuat situs facebook itu.

Meskipun tidak mengerti juga mengapa dia menjadi kaya dari facebook tapi saya terobsesi dengan Social Media dan mulai menggeluti bahasa pemograman HTML. Lantas ketika saya belajar tentang Web saya menjadi antusias dan selalu mendapat nilai yang lumayan di banding teman-teman saya yang benci pelajaran Web. Selain belajar Web di multimedia juga belajar tentang Broadcast seperti teknik fotografi, Videografi, Membuat Iklan dan Design Grafis yang rencananya akan saya tulis semua yang pernah saya pelajari di blog ini tapi itu baru rencana karena Alloh yang menentukan haha.
Mari lanjut lagi. Jurusan Multimedia itu sangat banyak cabangnya misalnya Web Design lebih ke pelajaran jurusan RPL (REKAYASA PERANGKAT LUNAK), Fotografi Videografi lebih ke pelajaran (BROADCAST),  Design Grafis, Image Digital lebih ke jurusan DKV (DESAIN KOMUNIKASI VISUAL).
Jadi Jurusan Multimedia itu mempelajari semua ilmu tentang teknologi digital. Tapi buat yang masih bingung dengan jurusan yang akan di pilih pas lulus SMP mendingan banyak googling deh jangan kaya temen-temen saya yang udah masuk Jurusan Multimedia eh enggak sesuai sama minat dan bakatnya akhirnya kan jadi repot juga. Dan kalo belajar pasti enggak bakalan setulus mempunyai niat dari dalam hati sanubari yakan ?
Jurusan Multimedia itu sebenernya sangat mudah buat di jalani beda sama jurusan yang lain misalnya farmasi yang harus selalu fokus sama kerjaannya karena salah bikin racikan bisa aja orang yang minum obat itu meninggal dunia, Jurusan Multimedia lebih mudah hanya perlu kreatifitas Inovasi dan juga Percaya Diri dengan modal itu saja anda bisa menjadi seseorang yang sukses.

Kreatifitas
Kenapa seorang multimedia harus mempunyai kreatifitas ? jawabannya karena multimedia sering bergelut dengan yang namanya Seni, Karya, yang bisa memuaskan client atau yang mempekerjakan kita. Dengan kreatifitas yang baik kita akan mudah mendapatkan pekerjaan yang baik pula dengan bayaran yang baik pula. Contohnya ketika mempunyai keahlian membuat sebuah desain Vektor (Membuat sebuah foto terlihat menjadi kartun) atau WPAP (Seni Melukis Foto dengan warna-warna yang POP) anda dapat menjual keahlian yang anda punya kepada client jika karya anda kreatif tidak jarang bahkan sering di pekerjakan oleh orang dengan mudah. Caranya pamerin karya anda di social media dan tawarkan jasa pembuatan karya yang sama maka biasanya akan ada yang mengOrder. 

Inovasi
Sangat penting bagi seorang multimedia bisa berinovasi dengan karya yang baru dan lebih fresh, jangan selalu terpaku dengan karya yang telah aja ada hal yang baru yang belum terexplorer yang bisa saja kita explore. Contoh sukses dari sebuah inovasi Steve Jobs siapa yang enggak tau tokoh satu ini. Si bapak teknologi yang telah beberapa tahun menguasai teknologinya dengan Inovasi. Steve Jobs bukan seorang yang menciptakan sebuah komputer karena yang menciptakan komputer adalah temannya sedangkan dia ingin berinovasi agar komputer itu bisa di terima oleh semua kalangan. Awalnya komputer yang di buat temannya sangat biasa tapi dengan beberapa inovasi bisa menjadi sesuatu hal yang luar biasa bahkan sekarang Apple .Inc bisa menghasilkan  triliyunan dollar pertahunnya karena inovasi.

Percaya Diri
Seorang Multimedia harus mempunyai rasa Percaya Diri yang baik sehingga kemampuan yang telah di miliki bisa menjadi sesuatu yang seseorang yang mampu. Ketika modal Kreatifitas dan Inovasi sudah di miliki tinggal memupuk Percaya Diri sehingga kamu bisa menjual apa yang kamu punya terhadap orang-orang yang membutuhkan anda. Karena percuma mempunyai kemampuan yang baik tapi tidak percaya diri itu hanya akan membuat bakat kamu hanya tersimpan di dalam otak. 
Masuk Jurusan Multimedia bukanlah hal yang buruk untuk masa depan tapi butuh modal yang kuat untuk menjadi seorang Multimedia yang handal diantaranya Kreatifitas, Inovasi, dan Percaya Diri. Jangan takut masuk Jurusan Multimedia karena tidak sulit, tapi pertimbangkan dengan minat yang kamu miliki jangan sampai salah jurusan yang entar malah membuat kamu nyesel. Jurusan apapun baik yang penting di jalani dengan keikhlasan.

Repost from Yoseph Hendry
http://bacaanmultimedia.blogspot.co.id/2015/08/jurusan-multimedia.html.

No comments: